SENI BAYANGAN KARYA KUMI YAMASHITA


  SHADAW ART KARYA KUMIYAMASHITA


ISU SENI RUPA MUTAHIR


SHADOW ART






Oleh :
SARIFUDIN, S.Pd






PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2012




BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang.
Tema merupakan rangsang cipta seniman dalam usahanya untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan sehingga dapat memberikan konsumsi batin manusia secara utuh dan perasaan keindahan. Kita dapat menangkap harmoni bentuk yang disajikan serta mampu merasakan lewat sensitivitasnya. Dalam sebuah karya seni hampir dapat dipastikan adanya tema, yaitu inti atau pokok persoalan yang dihasilkan sebagai akibat adanya pengolahan objek (baik objek alam atau objek imajinasi), yang terjadi dalam ide seorang seniman dengan pengalaman pribadinya. Ada kalanya seorang seniman mengambil “alam” sebagai objek karyanya, tetapi karena adanya pengolahan dalam diri seniman tersebut maka tidaklah mengherankan apabila bentuk (wujud) terakhir dari karya ciptannya akan berbeda dengan objek semula.
Problem yang sangat penting  dalam mencipta sebuah karya seni bukanlah apa yang digunakan sebagai objek tetapi “bagaimana” sang seniman mengolah objek tersebut menjadi karya seni yang punya nafsu dan citra pribadi sehingga dalam pengertian tema, tidaklah dapat diterangkan begitu saja tanpa seseorang terlibat di dalamnya (dalam proses-proses penciptaan). Tema merupakan bentuk dalam ide sang seniman, artinya bentuk yang belum dituangkan dalam media atau belum lahir sebagai bentuk fisik. Maka dapat dikatakan pula bahwa seni adalah pengejawantahan dari dunia ide sang seniman .
Pada dasarnya apa yang dimaksud dengan bentuk adalah totalitas dari pada karya seni. Bentuk itu merupakan organisasi atau suatu kesatuan atau komposisi dari unsur pendukung karya. Ini dijelaskan lebih lanjut oleh Dharsono bahwa ada dua macam bentuk yang pertama adalah bentuk visual yaitu bentuk fisik dari sebuah karya seni atau kesatuan dari unsur-unsur pendukung karya seni tersebut. Selanjutnya adalah bentuk khusus yaitu bentuk yang tercipta karena adanya hubungan timbal balik antara nilai-nilai yang dipancarkan oleh fenomena bentuk fisik terhadap tanggapan kesadaran emosional.
Isi adalah bentuk psikis dari karya yang dihasilkan seorang seniman. Perbedaan bentuk dan isi hanya terletak pada diri seniman. Bentuk hanya cukup dihayati secara inderawi tetapi isi atau arti dihayati dengan mata batin seorang seniman secara kontemplasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa isi disamakan dengan tema seseorang seniman.
Sepanjang sejarah kehidupan manusia, tidak bisa disangkal bahwa manusia tidak bisa lepas dari seni, karena seni merupakan bagian dari kehidupan manusia dari sejak zaman prasejarah hingga sekarang artinya seni adalah kebutuhan yang sama pentingnya dengan kebutuhan lain.
            Karya seni secara teoritis mempunyai tiga macam fungsi yaitu: fungsi personal, fungsi sosial dan fungsi fisik. Seni memang tidak lepas dari fungsi, di mana kehidupan manusia tidak bisa lepas dari seni, ini menandakan bahwa kita adalah makhluk sosial yang sekaligus sebagai makhluk individu.  Selain sebagai keindahan, religius atau benda pakai seni mempunyai fungsi yang sangat mendalam .
            Setiap manusia pasti membutuhkan tata cara (norma) hidup. Dari tata cara hidup itulah manusia akhirnya melahirkan kebudayaan dan dari kebudayaan itu lahirlah seni. Sebagai instrumen ekspresi personal, seni semata-mata tidak dibatasi untuk dirinya sendiri. Maksudnya seni tidak secara eksklusif dikerjakan berdasarkan emosi pribadi namun bertolak pada pandangan personal menuju persoalan-persoalan umum di mana seniman itu hidup, kemudian diterjemahkannya lewat  lambang dan simbol. Ciri-ciri kemanusiaan seperti kelahiran, cinta dan kematian yang punya dasar instrumen secara umum diangkat sebagai tema seni, tetapi pengolahan terhadap wujud karya tidak bisa lepas dari adanya keunikan seniman dalam menangkap atau membentuk idenya.
B.   Rumusan masalah
1.    Apa konsep shadow  art?
2.    Bagamana cara kerja dan bahan shadow art?
3.    Bagaimana ciri dan unsur  kekinian shadow art?
C.   Tujuan  masalah
1.    Mengetahui  konsep  shadow art
2.    Mengetahui  cara  kerja  dan  bahan  shadow art
3.    Mengetahui  ciri  dan  unsur  kekinian  shadow art
\

          BAB II                                                                    PEMBAHASAN
KUMI YAMASHITA
§    Lahir di Jepang
Tinggal dan bekerja di New York City
§   Kuliah / Visiting Artist /pemateri
2003 Artist pembicaraan di Mimar Sinan        Universitasi, Istanbul, Turki
2003 Artist bicara di Institut architectura, Juarez, Meksiko
2002 Mengunjungi artis di University of Minnesota, Minnesota, Amerika Serikat
2002 Dosen di Universitas Texas di El Paso, Texas, Amerika Serikat
2001 Relawan seni instruktur di Chaves di Juvenile Pusat Penahanan, New Mexico, Amerika Serikat
  • Pendidikan
    1999 MFA Glasgow School of Art, Glasgow, Inggris
    1994 BFA Cornish College of the Arts, Washington, USA
1.            Shadow Art.
§        Shadow dalam bahasa inggris bila diterjemahkan dalam bahasa indoinesia berarti Bayangan/Hitam/hantu
§         Bayang terjadi apabila cahaya terhalang sesuatu, maka terbentuklah bayang-bayang.  Cahaya merambat dalam garis lurus. Bila cahaya terhalang sesuatu maka akan timbulah bayangan dari penghalang itu. Jika sumber cahayanya lemah, seperti matahari pada hari berawan, bayangan tidak kentara.   Ditempat teduh tidak ada bayang-bayang, karena tempat teduh sudah merupakan bayangan sebuah benda yang menghalangi sinar matahari. Besar-kecil bayangan  apabila suatu benda bergerak mendekati titik pusat cahaya, bayang-bayang benda tersebut akan membesar karena benda tersebut mendekati titik cahaya pada sumber cahaya itu, sehingga bayangan benda menjadi lebih besar. Dan apabila benda menjauhi cahaya, bayang-bayang benda itupun menjadi kecil karena benda tersebut menjauhi titik sumber cahaya hal ini sesuai dengan sifat cahaya yang merambat merupakan garis lurus menyebar dari satu titik pusat cahaya.
§              Shadow art adalah bentuk karya seni yang unik dimana bayangan lah yang menjadi fokal poin dalam pengkaryaannya
Shadow art merupakan bentuk  karya seni dua dimensi yang unik dimana bayangan dihasilkan oleh media tiga dimensi  dengan disinari cahaya yang telah diatur tata letak dan intensitas cahaya yang digunakan . pemberian cahaya sangat penting  untuk memberikan efek-efek artistik dari sebuah karya. Kita memperkenalkan alat komputasi untuk penciptaan seni bayangan dan mengusulkan proses desain dimana pengguna dapat langsung menentukan diinginkan bayangan dengan menyediakan serangkaian gambar biner dan sesuai  proyeksi informasi. Sejak beberapa gambar bayangan sering  bertentangan satu sama lain,  optimasi geometris yang  menghitung volume bayangan yang terbaik bayangan perkiraan gambar input yang diberikan. Analisis kami menunjukkan bahwa optimasi ini sangat penting untuk mendapatkan bayangan yang diinginkan. Volume bayangan yang dihasilkan kemudian dapat dimodifikasi dengan satu set interaktif alat editing yang secara otomatis. Kami menunjukkan potensi sistem kami  dengan sejumlah kompleks patung seni bayangan  yang melampaui apa yang dilihat dalam karya seni kontemporer.
2.     Ide pengkaryaan shadow  art
 Penciptaan karyanya terbentuk dari hasil kolaborasi atau perpaduaan atau rangkaiaan benda- benda  (berbagai media) sehingga membentuk sebuah hasil bayangan yang diinginkan. Seperti ahli kimia, membuat  sesuatu  yang  luar  biasa dari  bahan  yang  paling  sederhana.
3.    Konsep pengkaryaan shadow art 
-            Ilusi realitas.
-            Melawan visualisasi
-             Yamashita  berkarya membuat  gambar  romantis  berharaap  keluar  dari  kegelapan  dan  kotoran. Dalam artianya  Kumi Yamashita mencoba untuk mengubah pandangan bahwa media yang digunakan terlepas dari nilai nilai unsur dan nilai substansialnya
 ( Penciptaan karya yang dihasilkan dari efek pencahayaan)


SHADAW ART KARYA KUMIYAMASHITA





                                           
1.    cara kerja dan bahan shadow art
                        Kumi  Yamashita  menggunakan  bahan-bahan  yang  tidak mungkin  untuk  menghasilkan  gerak  tubuh(benda mati). Bahan  yang  digunakan  balok- balok angka yang disusun sedemikian rupa. Dengan bersinar cahaya. Yang telah  diatur intensitasnya sehingga kumpulan balok angka tersebut ini akan  diubah menjadi profil bayangan yang sangat sesuai dengan karakter  dan keinginan bentuk bayangan. Dalam salah satu instalasi bentuk manusia hidup, tubuh  manusia  dalam gerak arah dan yang dihasilkan lampu  tunggal. dalam berbagai ukuran dan bentuk, Yamashita  telah mengatur ini sehingga masing-masing media melempar  bayangan tertentu yang bila di amati secara keseluruhan justru menghasilkan objek bayangan yang menakjubkan menambah ilusi realitas.
1.         ciri dan unsur  kekinian shadow art
a.    Rasionallisme
b.    Universal
c.    Tidak prioritas dalam  fungsi
d.    Minimalis
e.    Kuat pada konsep
f.     Kreatif
g.    Bersifat Eksperimental




        BAB III
A.   Kesimpulan
SHADOW  ART adalah bentuk  karya seni dua dimensi yang unik dan artistik. Dengan konsep yang kuat sebagai landasan pengkaryaan yang diimplementasikan dengan menggunakan berbagai macam benda dimana tata penchayaan dan intensitasnya ditentukan . Mengusulkan proses desain  yang kreatif dimana seniman dapat langsung berekperimen
Kumi yamasita terinspirasi untuk mengungkapkan dimana matematika tidak hanya dipakai untuk menghitung melainkan dapat digunakan untuk keperluan sehari hari
    - Ide pengkaryaan shadow  art
 Penciptaan karyanya terbentuk dari hasil kolaborasi atau perpaduaan atau rangkaiaan benda- benda  (berbagai media) sehingga membentuk sebuah hasil bayangan yang diinginkan. Seperti ahli kimia, membuat  sesuatu  yang  luar  biasa dari  bahan  yang  paling  sederhana.
  - Konsep pengkaryaan shadow art 
-       Ilusi realitas.
-       Melawan visualisasi
-       Yamashita  berkarya membuat  gambar  romantis  berharaap  keluar  dari  kegelapan  dan  kotoran. Dalam artianya  Kumi Yamashita mencoba untuk mengubah pandangan bahwa media yang digunakan terlepas dari nilai nilai unsur dan nilai substansialnya
 ( Penciptaan karya yang dihasilkan dari efek pencahayaan)
DAFTAR  PUSTAKA
www.desaigswan,com/aichives/16.amazing-shadow-art-art.htm(diakses 10 juli 2012)
www. copyprints.blogspot-com/2012/01/01/shadow-art-by-kumi-yamashita.htm(diakses 10 juli  2012)
http://www.artnet.com/artists/kumi-yamashita/biography-links





Postingan Populer